What is Motivation?


Kadang memang yang namanya melakukan sesuatu itu butuh niat. Atau familiar dengan "Innamal a'malu binniyat", sebuah potongan hadist riwayat Muslim yang menjelaskan tentang sesungguhnya suatu amalan perbuatan itu tergantung dari niatnya. Termasuk saya menulis ini juga nggak terlepas dari saya berniat untuk serius menulis. hahaha.. gimana ya menjelaskannya..
Jadi gini nih ceritanya, harusnya sebagai orang yang ingin serius menekuni dunia per-blogger-an, saya kudu bikin konten yang tentunya kudu kontinyu dan berfaedah donk. Sedangkan pada saat tadi itu, saya benar-benar sedang tidak punya ide untuk menulis apapun. Terus, saya nggak mau donk cuma berpangku tangan diam menunggu ide muncul untuk membuat tulisan. Tentunya saya harus melakukan sesuatu agar memancing ide itu muncul. Kalau cuma menunggu, waduh.. bisa-bisa sampe besok, ini blog belum juga update. Bisa makin males jadinya saya untuk menulis lagi. Kelamaan begong donk. Berbuatlah saya sesuatu, apa yang saya lakukan cobaa.. tadi, pada hari ini, saya malah mulai belajar desain content. Alhamdulillaahh, bisa bikin kreasi konten gambar di instagram. Lalu berdoa banyak-banyak biar dapat ide untuk menulis. Mau tau nggak, yang namanya orang kalau udah niat itu, pasti akan dibukakan jalan untuk mendapat kebaikan. Ini loh jam 1 dinihari versi Meroke, ketika orang sebelah pada ronda, atau mungkin pada tidur, saya bela-belain buka laptop buat ngetik tulisan. Kalau nggak niat, apa ya bakalan dilakuin coba. Mungkin sebagian pikiran saya akan mikir, aaallaahh besok aja juga bisa. Waduh, kok ada bagian pikiran lain yang mikir, kayaknya kudu ekskusi malam ini, biar besok bisa mikir untuk nulis yang laen lagi. bener kaaann.. Emang udah kepikiran dari tadi, kudu nulis, kudu nulis.. dan emang kejadian.. bisa nulis kan.. Semesta kayaknya sedang berkonspirasi untuk membuat saya tetap terjaga dan menuliskan pengalaman saya tadi dalam memperoleh ide.
Lho kalau kemarin saya nulis tentang gimana caranya cari ide, ya itu tadi saya lakuin, Misalnya saya sudah membaca buku, nonton film, jalan-jalan dan main dengan bocah, masih belum nemu juga bahan tulisan. Dear God, please deh.. tolong hambaMu ini.. langsung deh, tengah malem begini.. mendadak ada bahan gimana caranya biar bisa update konten.. hehehe..
Saya sedang mengikuti suatu kelas menulis blog. Dimana nggak mungkin banget, saya nggak memperbaiki blog ini, wong ini nanti bakalan dikunjungi teman-teman kelas menulis. Malu kalau nggak ada tindakan yang signifikan. Jadi setidaknya saya kudu synchronize antara isi, topik, deskripsi dan judul blog saya ini. Oke, nggak mungkin dunk, sedang belajar nulis self motivation, kok nggak pernah mengerti tentang apa dan bagaimana itu motivasi. Bagi saya yaaa.. itu, motivasi merupakan hal dasar untuk melakukan sesuatu agar bisa tercapai seperti yang kita inginkan. Kalau motivasinya tidak kuat, ya kemungkinan cita-citanya juga tidak akan tercapai secara maksimal. Ini saya baru ganti judul blog, dari Learning to Good Future. Ini pengaruh loh, prend. Begitu saya ganti judul, kok saya jadi berasa kayak punya rumah baru ya.. Kalau judul lama, Saya pikir, bener juga kita nggak bisa nulis tentang proses. Learning berarti kita sedang melakukan pembelajaran. Proses bukan buat ditulis, tapi dijalani. Oke baik, kita sedang berbicara tentang apa yang mendasari saya menulis di blog ini. Niat apa yang sesungguhnya menjadi dasar saya menulis blog ini. Meskipun tetap pada koridor untuk menyebar kebaikan. So, yaa begitulah.. Mari merujuk pada niatan awal itu, tetap semangat menulis apapun yang baik, menebar tulisan yang baik, dan semoga mendapat keberkahan yang baik pula.

gambar diambil dari pixabay
Innamal A’malu Binniyat

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/21418-penjelasan-hadits-innamal-amalu-binniyat-1.html

Komentar